Jumat, 20 Februari 2015

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu berfungsi dengan baik dalam hal menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyebab Gagal Ginjal
  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.
Cara Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal

1. Memagajemen  diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan baik :
Penyakit ginjal merupakan penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Maka dari itu, kita harus selalu mengendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga.

2. Mengurangi asupan garam :
Garam merupakan sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah saja, akan tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

3. Minum banyak air setiap hari :
Air sangatlah penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Oleh karena itu pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

4. Jangan menahan buang air kecil :
Ginjal memiliki fungsi utama untuk penyaringan darah, pada saat proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih harus segera dibuang. jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.
 
5. Makan dengan benar:
Proses yang terjadi didalam tubuh kita hampir semua di pengaruhi oleh makanan dan juga pola makan yang kita lakukan. Apabila Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal. Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal Anda seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Dan juga buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon.

6. Minum-minuman yang sehat :
Mengkonsumsi Jus segar atau jus blender merupakan cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh. Hindari meminum minuman bersoda secara berlebihan, kopi atau  teh, dikarenakan minuman ini mengandung kafein yang bisa mengurangi jumlah cairan dalam tubuh.

7. Hindari alkohol dan merokok :
Minuman beralkohol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Merokok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan dan juga  memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

8. Olahraga rutin :
Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Dengan berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu juga, Anda akan selalu merasa segar dan aktif.

9. Hindari mengkonsumsi obat tanpa saran dari medis :
Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal. Itulah sebabnya kengapa Anda harus selalu mengikuti resep dan dosis yang diberikan ahli kesehatan, dan menghindari mengobati diri sendiri.

Semoga cara pencegahan diatas bisa bermanfaat bagi anda, lakukanlah pola hidup sehat agar tubuh anda tidak mudah terserang penyakit.
Share:

0 komentar:

Poskan Komentar